Sabtu, 26 April 2014

Tanpa Batas Vol 2 The Finale -The Review-

Lagi-lagi di malem Minggu ini gw nonton acara standup comedy. Kali ini Final Show Tour Tanpa Batas Vol 2, Special Shownya Oom Sammy NOTASLIMBOY.

Gw sendiri udah sering liat Oom Sammy di TV dan bahkan beberapa kali ketemu langsung waktu Open Mic (dimana gw selalu nggak jadi naik karena jiper ditonton beliau). Sudah ketauan kualitasnya sebagai comic dengan materi yang rajin ngebahas soal politik, kebijakan dsb. Tapi sejujurnya yang bikin gw pengen liat show ini adalah openernya yang dipromosiin dengan gencar setiap Open Mic.

  1. Rindradana (@ponakanyaom): yang katanya pernah bikin banyak cewek berjilbab keluar pas dia lagi show gara-gara materinya bener-bener "ganas"
  2. Cemen (@MasCemen): yang katanya Opener terbaik selama tur Tanpa Batas Vol 2 ini, dan juga pernah ngobrol sama gw face to face waktu Open Mic di Bekasi.
  3. Irvan Kartawiria (@irvankarta): comic berbasis scientist yang seluruh materinya dibikin secara "ilmiah"
Gw mengamankan tiket kelas platinum dari jauh-jauh hari (dari pas awal dijual di sevel dengan iming-iming dapet buku, yang emang keren banget setelah gw baca), sekitar jam 18.45 gw sampai di GBB TIM dan emang sudah waktunya orang-orang ngantri untuk masuk teater. Gw juga ngeliat beberapa comic ngetop jadi crew di acara ini kayak Awwe, Adjis, Denny Gitong, dll.

Nggak lama kemudian gw masuk teater dan duduk di bangku paling depan (supaya dapet spot ketawa paling poll), sambil nunggu gw baca buku yang jadi gift kalo kita beli tiket di sevel, gw lupa judulnya (males buka-buka tas sekarang) tapi yang pasti isinya cerpen-cerpen satir karangan Oom Sammy sendiri yang bikin gw geli-geli prihatin kalo baca buku itu. Backsoundnya banyak muter lagu britpop macam Blur dan Oasis yang sedikit banyak ngingetin gw sama jaman SMP dulu. Brings back memories.

Sekitar jam 19.30 show dimulai dengan pembukaan dari MC jayus yang sepertinya Jeremy Teti (atau KWnya) karena cuma ada suaranya doang. Saat diminta nyanyi Indonesia Raya, gw terharu karena gw nyanyi lagu itu terakhir kali waktu upacara 17an pas gw tahun ketiga di kampus which is tahun 2010 (empat taun yang lalu man!!). Setelah nyanyi lagu Indonesia Raya mulailah comic-comic opener tampil (gw nggak nampilin foto pas comic pada perform di acara ini karena HP gw masih BB Davis yang kameranya jelek. Sementara motret pake Blitz dilarang selama comic tampil):

                                                   Rindradana (@ponakanyaom)


Hal pertama yang terlintas di benak gw waktu orang ini tampil adalah, SARAP. yak betul. SARAP. Semua materinya ganas-ganas. Orang-orang yang pikirannya nggak terbuka nggak bakal bisa menerima materi standup orang ini dengan baik. Kalo masuk TV gw yakin materinya bakal disensor semua. Sebagai orang yang pikirannya terbuka gw bisa menerima materi SARAPnya dengan sangat baik. Hal-hal yang dia bahas berkisar agama, pengalaman masa kecil, sampe ke pemilu yang tentunya dibawakan dengan SARAP.

Best Bit (Materi Aman yang paling Bagus):

Dulu waktu ngaji, guru ngaji gw selalu berdoa "Ya Allah, tiupkanlah angin kesegaran di dunia yang rusak ini", Guru ngaji gw itu aneh ya, dikira dunia ini kaset sega! kalo rusak ditiup baek!

Gerindra koalisi sama PKS. Kalo gw ga milih dua duanya, nanti gw diculik, udah diculik disuruh poligami lagi..

                                                  Cemen (@MasCemen)


Nama aslinya Chrismanto, gw tulis Cemen disini bukan berarti ngecengin dia, karena pas kenalan sama gw dia bilang sendiri "Gw Cemen.." Comic asal Cikarang ini ngetop karena bit "dangdut". Entah kenapa gw ngerasa kehidupan keluarganya ribet banget, mau ML aja pake nyanyi sama joget dulu. wkwk. Kalo sebelumnya kita disuguhi oleh comic dengan materi SARAP, kali ini Cemen menyajikan act out yang poll. Hal berkesan pas orang ini tampil adalah, ada kecoa lewat di depan panggung. Bahkan Kecoa pun seneng ngeliat orang ini. hahaha.

Best Bit:

Nama gw Chrismanto, temen-temen gw manggil gw Mas Cemen, keluarga gw manggil gw Masya Allah

Orang Cikarang itu kalo mau gaul susah. Kalo orang Jakarta mau gaul sering main ke mall. Orang Cikarang naek Eskalator aja mabok.

Dangdut itu asalnya dari suara "dang" dan "dut", "dang" itu karena asalnya dari suara gendang. Karena asalnya dari suara gendang makanya banyak yang dengerin. Coba dari suara rakyat. Ga bakal ada yang dengerin

                                               Irvan Kartawiria (@irvankarta)




Pertama kali gw liat orang ini, gw liat mirip Hedy Yunus. Bisa dibilang Hedy Yunus versi bijak dan pinternya lah. Setelah pertama kita disuguhin comic SARAP dan comic Act Out, di porsi akhir opener kita dikasih comic Ilmiah. Entah kenapa orang ini bisa membuat sesuatu yang ilmiah jadi lucu, jaman sekolah dulu gw ngerasa yang namanya ilmiah itu selalu berhubungan sama nilai merah di raport (sumber gw dilarang main PS oleh bokap gw). Orang ini sukses memberikan persepsi berbeda soal Ilmiah kepada gw. Ilmiah juga bisa jadi absurd. Yup absurd, melahirkan pecahan tawa. Satu hal yang gw salut dari orang ini, orang ini bisa membahas sesuatu yang remeh berdasarkan segi ilmiah dan ujung-ujungnya jadi lucu. Seperti misalnya lagu "Begadang" Rhoma Irama yang dibahas secara ilmiah (bahkan papernya sampai 32 halaman!!) sehingga kita bisa menyimpulkan kalo kita boleh begadang karena begadang punya definisi di Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Best Bit:

Saya heran sama Sammy, nyuruh saya jadi Opener di acara yang judulnya "Komedian Menggugat". Menggugat itu bahasa hukum. Saya ini scientist. Hukum yang saya ngerti cuma Hukum Archimedes

Dulu ada film "Jurassic Park". di film itu T-Rex mengejar manusia buat dimakan. T-Rex dengan ukuran sebesar itu, ingin makan manusia yang ukurannya kecil, itu nggak bikin kenyang. Paling cuma nyelip di gigi.
Analogi dengan Pemilu
Banyak orang yang ingin jadi Presiden, ngeluarin modal besar, kemungkinan besar gagal. Cuma dapet gelar "Mantan Bakal Calon". Paling cuma nyelip di CV

Saya mendukung Professor Bang Haji jadi Presiden karena telah membuat karya-karya yang mencakup banyak bidang. Bidang Ekonomi di lagu "Judi" sampai bidang Kimia di lagu "Mirasantika".
Saya dukung kalau beliau mau jadi presiden, untungnya tidak.

Gw sangat memuji Oom Sammy dalam hal pemilihan opener untuk show pamungkas turnya ini. Penonton diberikan suguhan yang bervariasi dan tidak monoton.

Setelah semua Opener tampil, sound system dinyalakan secara maksimal, tirai panggung dibuka sang penampil utama mulai perform

                                                     Sammy (@NOTASLIMBOY)
 
Stand Up Comedy itu ada yang bilang gampang ada yang bilang susah
Kalo menurut saya gampang, soalnya sebentar lagi anda saya buat ketawa
Yang paling susah itu Sit Up Comedy, karena buat Sit Up aja udah susah apalagi sambil ngelucu
 
Itu Bit pertama Oom Sammy yang pertama kali gw denger di Stand Up Comedy Show Metro TV sekitar tahun 2011. Ingin sekedar merefresh transformasi Oom Sammy dari awalnya membawakan jokes-jokes umum, sampai akhirnya jadi kritis membawakan bit-bit soal politik, kebijakan, dll. Semua hal diobservasi sampai menimbulkan tingkat kelucuan yang maksimal. 
Hal yang disayangkan malam itu, Oom Sammy nggak tampil dengan signature outfitnya (baju yang ada di foto yang gw pajang ini -kemeja putih ditambah suspender-). Kenapa gw bilang itu signature outfit beliau? karena gw sering ngeliat beliau pake baju itu (waktu nonton audisi JakSUCC di Jakpus, waktu jadi juri di Pasific Place, dari beberapa twitpic show TanpaBatas di kota lain). Tapi itu semua nggak jadi soal, mungkin beliau mau tampil beda di show pamungkas ini.
Kalau dari soal tingkat kelucuan sudah pasti orang ini sudah sangat mumpuni (secara beliau Ketua Standup Indo. hehehe). Materi yang dibahas tadi bener-bener beragam. Sebagian udah pernah gw denger di TV, tapi kali ini lebih matang dan ter"poles" rapi Mulai dari soal Pemilu, gw jadi ngerti kalo ternyata ada "Dark Campaign" dan "Black Campaign" yang secara definisi memang berbeda. Kemudian soal pluralisme budaya dan agama di Indonesia. Soal keluarga beliau pribadi (kayaknya Istrinya nggak bisa masak dengan baik, sorry Oom.. cuma menafsirkan bit tadi hehehe), soal relationship, kebutuhan duniawi manusia yang bisa meruntuhkan idealisme ("everything has a price"), dll. Semua dibawakan secara apik dan membuat show selama kurang lebih satu jam ini nggak membosankan. Gw di beberapa bit nggak ketawa. Bukan karena nggak lucu, tapi karena mulut gw pegel kebanyakan ketawa.
Dari segi teknik, semua teknik Standup dibawakan dengan apik dan terkesan mengalir. Nggak terkesan dipaksakan. Mulai dari jurus standar Set Up + Punchline, Rule Of Three, Riffing (pasangan Cina yang ada di dua bangku sebelah kanan gw), Call Back, dan Roasting (Korbannya Pandji yang duduk sekitar 5 baris di belakang gw, dan Ernest Prakasa yang duduk di baris paling belakang).
Setelah closing bit yang "epic" banget semua orang standing applause, Oom Sammy ngasih ucapan terima kasih yang bikin gw terharu. Bahkan dia sendiri keliatan nangis pas curtain call....

Best Bit:

Agama gw Kristen karena gw lahir dari keluarga Batak. Kalo gw lahir di Aceh gw yakin agama gw Islam. Selain itu kalo gw lahir di Aceh, gw yakin gw bakal masuk GAM. di GAM gw punya jabatan penting. Ketua Standup Indo GAM.

Gw setuju dengan adanya tes keperawanan untuk masuk sekolah. Tapi gw menentang adanya diskriminasi. Harusnya ada juga tes keperjakaan, karena keperawanan tidak akan hilang tanpa adanya andil dari perjaka.

Finlandia adalah negara yang pendidikannya paling bagus tapi di negara itu nggak ada PR. Makanya ada pembalap-pembalap hebat macam Mika Hakkinen dan Kimi Raikkonen. Karena mereka balapan dengan fokus. Nggak mikirin PR.

Closing Bit (ini adalah Bit yang paling the Best. Nggak akan gw bocorin disini, mending beli DVDnya kalo mau tau)

Overall malam ini gw sangat terhibur dengan suguhan dari para comic-comic professional. Good job Oom Sammy, Rindra, Cemen dan Pak Irvan semoga ke depannya lebih keren dan epic lagi.

-SEKIAN-

2 komentar:

  1. Nice info bro/mbakbro.. Closing bitnya jg pernah gw denger pas tour tanpabatasvol2 di palangkaraya. Pasti pecah bgt disana.. Semoga stand up fest gw bisa nonton live. Thanks untuk reviewnya.. ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you bro. Closing bitnya juga sebenernya pernah tayang di ILK. Tapi dipoles lagi dengan nambahin call back dari bit bit sebelumnya. Itu yang bikin epic. Gw harus beli DVDnya nanti.

      Hapus